Adat istiadat Minangkabau: Adat belingkaran, pusaka berkehiliran, ayam gedang seekor selesung, ....

Iklan

Kebesaran Penghulu di Minangkabau

Rabu, 01 November 2017, 19.37 WIB Last Updated 2017-11-06T09:15:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Kebesaran Penghulu | Sebagaimana sudah dikatakan bahwa penghulu itu tinggi dianjung, gedang dilambuk, yang mempunyai banyak sekali syarat-syarat untuk menjadi seorang penghulu dan tidak ringan. Penghulu yang demikianlah ibarat kayu besar tengah padang tempat berteduh kehujanan, tempat berlindung kepanasan, batangnya tempat bersandar, uratnya tempat bersela.

Penghulu itu mestilah mempergunakan sifat sabar, lurus, harus dan benar, pengasih dan penyayang, serta mempunyai ilmu seperti tukang yang ahli dan cukup sempurna kepintarannya. Juga harus mempunyai alat-alat perkakas yang komplit sebab dengan alat perkakas yang lengkap baru hasil pekerjaan dapat sempurna.

Seorang penghulu harus beralam lebar, berpadang lapang, jauh dari perangai buruk, kisid dan dengki, jauh dari pada dendam kesumat, seperti menjauhkan larangan adat, memerahkan muka ditengah rapat, menyingsingkan lengan baju, menghardik menghantam tanah, berlari dan menjunjung yang berat-berat, serta mengail di tebat panjang atau di sungai.
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+